Rabu, 18 November 2015

Kebun Binatang Tandurusa (Manado)

Di beberapa sumber internet menyebutkan bahwa Tarsius merupakan salah satu binatang endemic di Sulawesi. Jadi melihat Tarsius merupakan skedul wajib kami kali ini. Apabila mau melakukan pengamatan secara langsung di habitatnya kita bisa mengunjungi Tangkoko, tetapi karena waktu yang terbatas kami hanya mengunjungi kebun binatang Tandurusa yang ada di Bitung. Kebun binatang ini merupakan milik pribadi, jenis binatangnya lumayan banyak dan terawat dengan baik.

Mata Tarsius yang bulat dan besar bikin kami tidak bosan melihatnya, mungkin karena sudah biasa dikunjungi si Tarsius tidak lari melihat kami, dia hanya juga asik memperhatikan kami yang sedang memperhatikannya.

Mbah google menerangkan bahwa nama latin dari  Tarsius Bitung adalah tarsius spectrum, mungkin berbeda dengan tarsius yang ada di Bangka yang dengan nama latin tarsius bancanus.
 
 

 
 
Berdasarkan penjelasan dari mbak penjaga kebun binatang, Tarsius ini merupakan monyet terkecil yang sangat setia dengan pasangannya. Tarsius hanya "menikah" sekali seumur hidup, dan bila pasangannya mati maka dia tidak akan mencari pengganti.
 
Selain Tarsius masih banyak lagi hewan - hewan lain yang ada di kebun binatang ini.
 






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar